Kamis, 24 Oktober 2013

Cara Backup Debian Linux atau Kali Linux


Salam jumpa wahai sahabatku...
Untuk posting kali ini saya Adhe Wisnugraha akan bercerita sedikit tentang cara "BACKUP" data pada "Debian Linux".
buat para pecinta Linux kususnya Debian, pasti anda pernah melakukan kesalahan yang pada akhirnya mengakibatkan Linux anda menjadi error dan bahkan mungkin parahnya lagi sama sekali tidak bisa dibuka atau kemudian muncul tampilan booting saja dengan tampilan layar hitam dan barisan perintah. Nah pada saat seperti itu apa yang akan anda lakukan ketika semua cara mungkin sudah anda lakukan untuk memperbaikinya dan tidak bisa. Pastilah dengan jurus yang sangat dan paling handal adalah Jurus Install Ulang. (Hahaha..) Mungkin dengan menggunakan cara itu masalah memang akan terpecahkan, tapi apa mungkin kita bisa mengembalikan data kembali setelah kita install ulang kendati semua software, data atau bahkan file yang sudah susah payah kita unduh atau bahkan software yang mungkin sudah susah payah kita kumpulkan dan kita kerjakan atau kita rubah sedemikian hingga menurut bahasa dan menurut tampilan yang kita suka telah terhapus karena kerusakan yang mungkin tidak kita sadari bisa terjadi kapan saja. Sebelum itu semua terjadi tidak ada salahnya jika kita berjaga-jaga untuk mem-Backup data pada komputer kita.
OK tanpa banyak kata simak cara berikut:

Buka "TERMINAL"

- Install "repack" dengan cara ketikan perintah seperti berikut.
$-: sudo apt-get install dpkg-repack



- Selanjutnya buat Folder, dengan perintah "mkdir (nama folder)".
$-: mkdir (Contoh: "mkdir BackupDebian".)

- Buka Folder yang telah kita buat tadi dengan perintah "cd (nama folder)".
$-: cd (Contoh: "cd BackupDebian".)

- Kemudian yang terakhir Backup data ke dalam folder yang sudah kita buka, gunakan perintah seperti berikut untuk memasukan hasil backup data kita ke dalam folder.
$-: fakeroot -u dpkg-repack `dpkg --get-selections | grep install | cut -f1`

Bersabarlah dan tunggu hingga proses selesai, lama atau tidaknya proses itu tergantung berapa banyak data yang anda punya.
Setelah selesai maka hasil backup akan berada dalam satu folder, dan jika kita buka akan kita jumpai file dengan bentuk ".deb" nah jika sudah begitu tentu tau kan apa yang akan kita lakukan untuk mengembalikan data yang kita backup tadi.
Yuph, benar... yang harus kita lakukan adalah sepeti kita install software dengan cara biasanya.
karena ".deb" adalah file yang bisa kita install seperti layaknya software yang kita jumpai di Linux.
Gunakan perintah berikut ini untuk mengembalikan data  yang telah anda backup.

- Buka Terminal
- Lalu buka Folder Backup, dengan perintah "cd" di ikuti nama folder. jangan sampai anda salah, telitilah dimana anda meletakkan folder backup tersebut.
jika sudah silahkan ketikan perintah sperti berikut:
$-: sudo dpkg -i *.deb

NB: Menurut pengalaman saya, backup data hanya bisa kita gunakan pada OS yang sama. Contoh jika kita menggunakan "i386 atau 32bit" kita juga harus backup dengan OS yg sama. Saya pernah mencoba "i386 atau 32bit" kemudian saya coba mengembalikan backup ke "amd64 atau 64bit"  itu tidak bekerja dengan baik atau data backup tidak mendukung.

Berikut cara Backup yang saya gunakan pada "Debian Linux", pribadi saya sendiri menggunakan "KALI LINUX"
OK Terimakasih telah membaca posting saya...
Selamat mencoba dan semoga berguna... (^_^").
© Copyright 2012 Symbianoid
Selamat datang di symbianoid.blogspot.com by Adhe Wisnugraha Terimakasih Telah Berkunjung. @The_Symbianoid